Rabu, 13 Agustus 2014

Untukmu calon Alumni dan Alumni yang ingin awali karir dengan bekerja pada pihak lain (perusahaan).

Tulisan ini dimotivasi dari kekecewaan saya. Beberapa waktu lalu saya memberikan rekomendasi untuk beberapa alumni melamar pada sebuah perusahaan tambang di kalimantan selatan. Sayangnya saya mendapat kabar bahwasanya para alumni memiliki format CV yang terkesan SANGAT MIRIP. Sehingga penilaian ataupun kredibilitas yang saya berikan untuk menjadi rekomendasi, terkesan sia sia. Kemudian saya bertanya pada salah satu alumni yang saya anggap lebih berpengalaman. Hal yang saya dapatkan adalah, bahwasanya alumni tersebut tidak melakukan upgrade (pembaharuan) secara berkala terhadap CV yang ia miliki. Ia pun mengaku bahwasanya ia mendapatkan format CV dari saudaranya. Jika kita kembali pada pelajaran persepsi, dan kemudian pada psikologi industri organisasi. Calon Perekrut (perusahaan), yang langsung menghandle lamaran CV atau yang tidak menggunakan format standar perusahaan yang akan dilamar, mungkin saja akan terbias dengan kejadian yang saya sebutkan sebelumnya. BISA JADI, perekrut merasa/ berpikir calon pelamar tidak memiliki pola pikir kreatif untuk hal sederhana seperti untuk membuat CV, dan bagaimana untuk bekerja?. Sehingga besar kemungkinan tidak akan dilanjutkan ke proses selanjutnya berupa wawancara by phone ataupun seleksi. Untukmu Calon Alumni dan alumni yang ingin mengawali karir dengan bekerja pada pihak lain (perusahaan). Mulai sekarang, cobalah dipelajari kembali pelajaran yang ada di dalam PSD3, dalam mengetahui secara dini budaya dan karakter perusahaan, dalam membuat resume (CV yang berkala diupgrade), belajar untuk menjadi itee yang profesional dalam wawancara kerja. Serta belajarlah untuk mengupgrade kemampuan diri.

Tidak ada komentar: